Good News

TAMAN BACA WONG TAKON

3 Mins read

Sejak diresmikan pada tgl 9 Agustus 2020 yang lalu, Taman Baca Wong Takon atau biasa disingkat “TBWT” yang beralamatkan di Jl. Masjid, Dsn Prijek Lor, Desa Tamanprijek, Kec. Laren, Kab. Lamongan ini semakin hari semakin ramai dikunjungi masyarakat sekitar dan juga pengunjung dari luar desa, Individu maupun kelompok organisasi, taman baca dengan bangunan yang klasik ini menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya mulai dari nama, bangunan dan seluruh kegiatan yang ada didalamnya.

Ide dan gagasan pembangunan Taman Baca muncul karena keresahan pemuda setempat tentang betapa minimnya minat baca masyarakat di dusun Prijek, kesenjangan pengetahuan antara masyarakat kota dan desa yang begitu kontras, juga melihat begitu banyak sumber daya manusia yang sebenarnya potensial untuk dikembangkan namun  sering kali tidak mendapat dukungan dan wadah/tempat bagi mereka untuk menuangkan kreatifitasnya, lokasi dusun yang relatif jauh dari fasilitas seperti perpustakaan juga semakin mendukung keengganan masyarakat untuk membaca.

Taman Baca yang berdiri diatas lahan bekas pembuangan sampah ini kemudian diberi nama Taman Baca Wong Takon yang memiliki makna “orang yang bertanya” nama tersebut muncul dari kebiasaan beberapa pemuda yang sering berdiskusi di tempat-tempat umum seperti warung kopi, pinggir jalan atau dimanapun, yang mana pada diskusi tersebut selalu di awali dengan sebuah pertanyaan sebagai pemantiknya, sehingga lahirlah majlis wong takon yang saat ini digunakan sebagai nama dari Taman Baca di Dsn Prijek Lor, Laren, Lamongan ini.

Taman Baca Wong Takon dibangun diatas tanah pinjaman milik warga setempat dengan luas lahan 20×8 meter yang mana sebelumnya lahan tersebut telah terbengkalai selama puluhan tahun dan tidak terurus sehingga lahan tersebut hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar, dengan dibangunnya Taman  Baca Wong Takon di area lahan itu, saat ini kondisi lingkungan sekitar berubah derastis menjadi tempat yang asri dan nyaman untuk belajar dan bermain bagi anak-anak.

Taman Baca Wong Takon terdiri atas dua taman kecil yang terletak di depan dan di belakang bangunan Gerha Grahita, julukan untuk bangunan seperti rumah panggung besar yang merupakan inti dari keseluruhan Taman Baca Wong Takon, nama Gerha Grahita di sematkan pada bangunan ini melalui proses panjang pemikiran dan filosofi pemuda setempat karena Gerha Grahita juga memiliki makna yang secara etimologi “Gerha” yang berarti bangunan dan “Grahita” yang memiliki makna mengerti atau memahami. harapannya ialah dengan adanya gubuk Gerha Grahita ini nantinya dapat mengilhami para pemikir didalamnya untuk mudah mengerti dan memahami perihal apapun dalam kehidupan baik terhadap benda mati maupun hidup.

Saat ini, Taman Baca Wong Takon memiliki berbagai macam kegiatan yang dikelolah secara sukarela oleh para pegiat didesa, kegiatan yang ada di Taman Baca Wong Takon berfokus pada membangun minat baca masyarakat, pengembangan karakter, seni dan kreatifitas. Yang mana sementara ini lebih banyak hanya pada kegiatan anak-anak, namun harapan kedepannya kegiatan yang ada di taman baca bisa mencakup segala usia dan kalangan.

Beberapa kegiatan yang saat ini berjalan ialah:

  • TBWT Mengajar

Taman Baca Wong Takon mengadakan bimbingan belajar untuk anak-anak, program ini digagas oleh Divisi Pengembangan Pendidikan TBWT yang diisi oleh perkumpulan Mahasiswa dusun Prijek dari berbagai universitas. TBWT mengajar dilaksanakan setiap hari dan difokuskan pada 3 mata pelajaran yakni Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Untuk kedepannya program TBWT mengajar bisa mencakup segala mata pelajaran anak-anak sekolah dasar. Program bimbingan belajar ini dilaksanakan secara gratis dan tidak dipungut biaya. Karena bagi pihak Taman Baca Wong Takon, pendidikan adalah hak segala bangsa.

  • TBWT Menggambar & TBWT Kerajinan

Diselenggarakan setiap sepekan sekali, yakni setiap malam jumat, sebagai kegiatan refreshing bagi anak-anak, kegiatan ini juga nantinya untuk mengetahui bidang mana saja yang mendominasi individu anak-anak sehingga akan mudah untuk dikembangkan.

  • Bioskop Rakjat

Berupa pemutaran film, layar ditancap setiap malam minggu pukul 21:00 sampai selesai. Film yang diputar merupakan permintaan dari masyarakat atau pengunjung yang datang. Film sejarah lebih diutamakan dalam pemutaran film Bioskop Rakjat.

  • Majlis Wong Takon

Diselenggarakan setiap satu bulan sekali, kegiatan ini berupa diskusi bebas, kajian, bedah buku dan sebagainya yang diikuti oleh pemuda dan masyarakat umum. Tema diskusi kebanyakan tentang isu lingkungan, politik dan pergerakan anak muda dan lain sebagainya.

Pengunjung Taman Baca Wong Takon bebas membaca lebih dari 700 koleksi buku yang di kumpulkan oleh pihak Taman Baca dari berbagai donatur sejak bulan Juni 2020 yang lalu, koleksi buku yang ada di Taman Baca Wong Takon ini tidak dibatasi sebagai buku kiri atau buku kanan, liberal, garis keras atau yang lainnya, buku Pramoedya Ananta Toer, Tan Malaka, Soe Hok Gie, Hamka, sampai buku-buku tafsir hadist pun semuanya tersusun rapi di rak buku Taman Baca Wong Takon, semuanya boleh dibaca. Karena pihak taman baca sendiri percaya bahwa segala sesuatu memang perlu di pelajari.

Taman Baca Wong Takon dibuka 24 Jam untuk umum, di TBWT juga menyediakan tempat menginap ala kadarnya untuk pengunjung yang berkenan menginap.

Taman Baca Wong Takon hanyalah tempat kecil sebagai wisata edukasi, sekaligus membangun peradaban generasi yang sadar baca dan sadar lingkungan. Mereka nantinya akan menghadapi arus perubahan zaman yang terus bergerak cepat.

@Jalansunyi

137 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Good News

PMII Rayon FILKOM UPP Resmi diLantik & Gelar MAPABA Perdana

2 Mins read
Pasir Pengaraian, 27-28 November 2021 – Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Komisariat Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Cabang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

MAPABA Ke 3 STKIP Rokania Kab. Rokan Hulu Sukses Hasilkan 37 Anggota Mu’takid PMII

1 Mins read
PASIR PANGARAIAN – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STKIP Rokania Kabupaten Rohul gelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) ke 3. Agenda… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

SIG Ke-2 KOPRI PMII Se Rokan Hulu Sukses Luluskan 23 Peserta di Universitas Pasir Pengaraian

1 Mins read
Sahabat.or.id, PASIRPENGARAIAN – Sekolah Islam & Gender (SIG) merupakan kegiatan pengkaderan KOPRI yang bersifat formal di tahap awal pasca MAPABA. Salah satu… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Good News

SEJARAH BERDIRINYA PMII DI ROKAN HULU RIAU

%d blogger menyukai ini: