Good News

SEJARAH BERDIRINYA PMII DI ROKAN HULU RIAU

4 Mins read

Januari 2019 Muhammad Akbar Hermawan dan Sahabat Sahabati dari Universitas Pasir Pengaraian (UPP) mendapatkan Mandat dari Ketua PWNU Provinsi Riau Kyai T. Rusli Ahmad, SE untuk mendirikan PMII di Rokan Hulu agar Mahasiswa NU Rokan Hulu memiliki Tempat untuk Berproses. Sampai akirnya pada akhir Desember 2019, Muhammad Akbar Hermawan dipertemukan dengan Alumni PMII yang ada di Rokan Hulu (Dulu ber-PMII di Medan, Jakarta dan Pekanbaru yang sekarang bekerja di Kabupaten Rokan Hulu). Beliau semua sangat mensupport untuk berjuang kembali mendirikan PMII, atas Support Sahabat Alumni tersebut tumbuhlah semangat untuk mendirikan PMII di Kabupaten Rokan Hulu.

Singkat Cerita Muhammad Akbar Hermawan mencoba mengumpulkan kembali sahabat Sahabati dari mahasiswa NU di UPP (Karena waktu itu tidak ada Link Komunikasi dengan Kampus lain yang Mahasiswa NU di Rokan Hulu). Sehingga terkumpul waktu itu 14 mahasiswa antaralain : Muhammad Al Farozy, Sahabat Rionaldi, Irsandi Ibramanyu, Hollisa Fitri, Wirdania, Alfianti Nor Rosyidah, Ayu Rosalina, Rena, Dayu Afriza, Puput, Jannah, Suci Rahayu Syafiri, Nanang Maulana Muhammad dan Nur Wasidah

Keempat belas sahabat-sahabati tersebutlah yang berjuang secara bersama dan bahu-membahu mendirikan PMII di Rokan Hulu. Mulai dari membuat Grup Wa untuk Rekrutmen Sahabat Sahabati yang mau bergabung, lalu mensosialisasikan pendirian PMII melalui WA, Facebook dan Instagram.

Muhammad Akbar Hermawan kemudian memberikan arahan agar masing-masing diatas wajib mencari Anggota dari 4 Kampus di Rokan Hulu. Dia menyampaikan bahwa bagaimanapun caranya kita wajib menyatukan 4 Kampus di Rokan Hulu tanpa membedakan asal kampus karena kita sudah tergabung di PMII Rokan Hulu.

Sembari menunggu hal tersebut dapat terealisasi, kami Kembali berkumpul di Rumah Muhammad Akbar Hermawan dengan membawa Sahabat Sahabati Mahasiswa NU yang kami kenal. Lalu kami pun sepakat untuk membentuk terlebuih dahulu Struktur Pengurus PMII Rokan Hulu.

Sehingga terpilihlah dan terbentuklah struktur pengurus PMII Rokan Hulu sebagai berikut :

1. Ketua Umum Muhammad Akbar Hermawan

2. Wakil Ketua Umum I Muhammad Al Farozy

3. Wakil Ketua Umum II Rio Naldi

4. Wakil Ketua Umum III  Irsandi Ibramanyu

5. Sekretaris Umum Muslimatun Nikmah

6. Sekretaris I Alfianti Nor Rosyidah

7. Sekretaris II Arnis Marsitta

8. Sekretaris II Musmuliyadi

9. Bendahara Umum Jannati Maswah

10. Wakil Bendahara Suci Rahayu Syafiri

Kops Putri (KOPRI)

1. Ketua Kopri Hollisa Fitri

2. Sekretaris Kopri Wirdania

3. Bendahara Nur Wasidah

* Biro*

Setelah terbentuknya struktur pengurus PMII Rokan Hulu, pengurus menghadap ke Sahabat IKAPMII Rokan Hulu Ketika menghadiri Acara Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Kabupaten dan diarahkan untuk berkomunikasi dengan PKC PMII Riau Kepri untuk meminta arahan dan izin mendirikan organisasi.

Sembari menunggu itu, selanjutnya menjalankan beberapa Kegiatan diantaranya Galang Dana Uhgyur di Taman Kota dan Islamic Pertama.

Sahabati Alfianti Nor Rosyidah mendapatkan kabar bahwa Presma ISQ Sahabat Muhammad Fikri Alpasiri dan Wakil Presiden Mahasiswa STAI Tuanku Tambusai Sahabat Adi Marhalim ingin mengetahui lebih lanjut tentang PMII dan ingin bergabung di PMII. Sahabati Hollisa Fitri juga mendapatkan kabar bahwa Sahabati dari STKIP Rokania Ingin bergabung di PMII. Sahabat Irsandi, Ady, Rozy, Rio, Suci, Jannah, Deni, juga konfirmasi bahwa akan membawa Sahabat Sahabat nya untuk bergabung di PMII

Selanjutnya diadakan pertemuan di Taman Kota Pasir Pengaraian untuk Melakukan Diksusi dengan Presma ISQ, Wapresma STAI Tuanku Tambusai, dan Sahabati dari STKIP Rokania sembari membahas Ke-PMII-an, tujuan didirikannya di Rokan Hulu dan Pengisian Struktur yang belum terisi.

Tujuan didirikannya PMII di Rokan Hulu Riau sebagai Wadah Berproses Mahasiswa NU di Kabupaten Rokan Hulu serta sebagai Warna Baru yang berhasil menyatukan 4 Kampus dan menjadi yang pertama di Rokan Hulu

Singkat cerita Ketua PKC PMII Riau Kepri, Sahabat Senior Rouf, S.H mengintruksikan untuk mengadakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) PMII di Rokan Hulu, karena jika mau menjadi Anggota PMII yang merupakan Organisasi Kaderisasi maka harus mengikuti MAPABA sebagai gerbang awal masuk ke PMII. Kemudian kami diarahkan untuk berkomunikasi dengan Ketua PC PMII Pekanbaru Sahabat Senior Ali Jungjung.

Seiring waktu berjalan, kami sepakat membuat Almamater PMII sebagai Persatuan Organisasi dan memutuskan untuk Patungan sebesar 50.000 perorang. Hasil patungan tersebut digunakan untuk menutupi kekurangan Anggaran yang didapatkan dari Sahabat Senior Ika PMII Rokan Hulu dan Riau Kepri. Selain itu kami juga memutuskan untuk Patungan Kembali sebesar 10.000 perorang untuk tambahan Biaya MAPABA (Makan, Serifikat, Spanduk, Bendera).

Akhirnya atas kesepakatan dengan Ketum PC PMII Pekanbaru, MAPABA akan diadakan pada 16 Februari 2020 di Sekretariat PC Ansor Kab. Rokan Hulu. Pelaksanaan MAPABA pertama tersebut diikuti oleh 48 Orang dan di Baiat serta dilantik langsung oleh Ketum PC PMII Pekanbaru

Selanjutnya diadakan Rapat Kerja I Tahun Masa Dhikmat yang diantaranya

1. Untuk membentuk Pengurus PMII di 4 Kampus (UPP, STKIP, STAI TUANKU TAMBUSAI, DAN ISQ

2. Mengadakan Seminar KOPRI Special Kartini Day

3. Mengadakan Seminar Islam

4. Mengadakan Bhakti Sosial Ke Panti Asuhan

5. Mengadakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Rokan Hulu

6. Membentuk Badan Usaha Milik PMII (BUMPMII)

7. Harlah PMII Tahun 2020

8. Mengadakan Best Photography Muslim dan Muslimah se Sumatera Tahun 2020

9. Mengadakan Pertemuan Setiap Bulan serta membayar Kas Wajib

10. Mengikuti Harlah Muslimat NU Rokan Hulu

11. Berjuang Menjadi Cabang Penuh

12. Mengadakan Buka Bersama Keluarga PMII Rokan Hulu

13. Mengadakan Halal Bihalal Pengurus pada Idul Fitri 2020

Selanjutnya Pemilihan Ketua Umum dan Ketua Kopri dari 4 Kampus (UPP, STKIP, STAI, ISQ), untuk Posisi Struktur selanjutnya akan di isi oleh yang Lulus MAPABA dari 4 Kampus tersebut. Berdasarkan hasil pemilihan maka terpilihlah

1. Adrian Handa  sebagai Ketua Umum PMII UPP dan Alfi Nor Rosyidah  sebagai Ketua Kopri  

2. Zam Zami sebagai Ketua Umum PMII STKIP Rokania dan Rezi Intan sebagai Ketua Kopri

3. Adi Marhalim sebagai Ketua Umum PMII STAI Tuanku Tambusai dan Sahabati Sagiah sebagai Ketua Kopri

4. Muhammad Fikri Alpasiri sebagai Ketua Umum PMII ISQ dan Ria Wati sebagai Ketua Kopri

Bencana Covid-19 melanda akhirnya Instruksi dari PB PMII agar menunda segala macam bentuk Kegiatan Kaderisasi PMII sampai Virus Covid-19 / Corona ini dinyatakan selesai.

Singkat cerita, Pemerintah memberikan keputusan untuk NEW NORMAL dan PB PMII membolehkan mengadakan Kaderisasi dengan menyesuaikan situasi di daerah masing-masing, lalu Pegurus PMII Rokan Hulu melakukan Pembentukan Panitia MAPABA dan ditetapkan tanggal pelaksanaannya pada 30 Agustus 2020 di Kampus STAI TUANKU TAMBUSAI. MAPABA tersebut berhasil menghasilkan 66 Anggota, lalu diadakan Rapat Anggota untuk Struktur PMII di 4 Kampus.

Lalu pada Jumat-Senin, 06-09 November 2020 Pengurus PMII Kabupaten Rokan Hulu mengutus 18 Anggota terbaik nya untuk mengikuti Pelatihan Kader Dasar (PKD) ke I PC PMII Kota Pekanbaru.

Lalu PMII UPP Kabupaten Rokan Hulu mengadakan MAPABA dan Kader PMII Rokan Hulu menjadi pemateri dan mengkawal kaderisasi dari Pembukaan sampai Penutupan menghasilkan 50 Anggota Baru.

Lalu pada Rabu-Minggu, 23-27 Desember 2020 PMII Kabupaten Rokan Hulu mengutus sahabat Muhammad Akbar Hermawan, Jannati Maswah, Fahmil A’la Hidayatulloh, dan Hollisa Fitri untuk mengikuti Pelatihan Kader Lanjut (PKL) ke I PKC PMII Riau Kepri di Kabupaten Karimun Prov Kepulauan Riau.

Sejak saat itu kami bertekad menjadi Cabang Definitif. Maka, PMII Rokan Hulu mengadakan PKD ke I di Kabupaten sendiri agar tercukupi syarat Cabang 50 Kader sesuai syarat di AD ART PMII.

Tunggu Kisah Selanjutnya,

Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamith Thorieq

Hormat Kami

Ketum PMII Rokan Hulu MAH, S.Pd

137 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Good News

PMII Rayon FILKOM UPP Resmi diLantik & Gelar MAPABA Perdana

2 Mins read
Pasir Pengaraian, 27-28 November 2021 – Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Komisariat Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Cabang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

MAPABA Ke 3 STKIP Rokania Kab. Rokan Hulu Sukses Hasilkan 37 Anggota Mu’takid PMII

1 Mins read
PASIR PANGARAIAN – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STKIP Rokania Kabupaten Rohul gelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) ke 3. Agenda… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

SIG Ke-2 KOPRI PMII Se Rokan Hulu Sukses Luluskan 23 Peserta di Universitas Pasir Pengaraian

1 Mins read
Sahabat.or.id, PASIRPENGARAIAN – Sekolah Islam & Gender (SIG) merupakan kegiatan pengkaderan KOPRI yang bersifat formal di tahap awal pasca MAPABA. Salah satu… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Good News

Tanpa kehadiran Pengurus KOPRI dan Pengurus Perempuan PMII Cabang Kota Malang, Rumusan PO Panduan Penyelengaraan Dan Pelaksanaan KOPRI (PPPK) di Muspimcab PMII Kota Malang tetap berjalan.

%d blogger menyukai ini: