Buku

REFORMASI KEBIJAKAN PUBLIK

2 Mins read

Judul buku       : REFORMASI KEBIJAKAN PUBLIK
Penulis             : HAYAT, S.A.P, M.Si.
Penerbit           : PRENADAMEDIA GRUP
Tebal               : 343 Halaman
Cetakan            : 1, September 2018
ISBN                 : 978-602-422-455-4
Peresensi          : Mahmud Hidayat ( Npm : 21801091143 )

Buku ini menjelaskan tentang Reformasi pada masa 1998 yang merupakan salah satu tonggak sejarah yang menghasilkan amandemen UU 1945, yang mana menjadi sebuah hasil rekayasa sosial serta dapat diharapkan sebuah UU mampu membawa perubahan pada dimensi Struktural, Fungsional maupun Kultural.

Dalam buku ini juga menjelaskan Desentralisasi serta urgensinya.Desentralisasi merupakan sarana pembagian kekuasaan dari pusat pemerintahan ke pemerintahan daerah. Adapun mengenai hubungan antar desentralisasi tersebut berbeda penerapannya pada negara federal dengan negara kesatuan. Pada negara federal hubungan antar desentralisasi pemerintahan dengan sistem hubungan terpisah. Pada sistem ini pemerintah pusat tidak secara ketat mengontrol urusan urusan pemerintahan yang sudah diserahkan kepada pemerintah daerah. Sementara, pada negara dengan sistem negara kesatuan, hubungan antar desentralisasi pemerintahan berlangsung secara impulsif dimana otoritas pemerintahan daerah dalam melaksanakan urusan-urusan tetap dibatasi oleh pemerintah melalui suatu sistem kontrol yang berkaitan dengan pemeliharaan kesatuan negara.

Dalam buku ini juga menulis tentang Konsep Reformasi Kebijakan.Dimana memiliki beberapa hal yang dapat diperbandingkan,seperti Filosofi dasar,Pembagian susunan pemerintahan,Peran dan fungsi utama pemerintah daerah,Penggunaan akses penyelenggaraan pemerintahan, Model organisasi pemerintah daerah,Mekanisme transfer kewenangan,Pola pertimbangan keuangan pusat dan daerah,Sistem kepegawaian,Sistem pertanggung jawaban pemerintah daerah,Sistem pengelolaan keuangan antar azas,Kedudukan kecamatan,dan Pengaturan desa.

Salah satu contohnya yang dijelaskan dalam buku ini adalah Reformasi kebijakan dalam pengelolaan danau memiliki fungsi sebagai penyedia jasa kenyamanan, budaya, pendidikan, jasa lingkungan, kemasyarakatan, jasa spiritual, ketahanan masyarakat, ekonomi, sosial-ekologi dan rekreasi.

Adapun analisis yang digunakan dalam buku ini ialah analisis Stakeholder. Stakeholder merupakan kelompok maupun individu yang dapat memengaruhi atau dipengaruhi oleh proses pencapaian tujuan suatu organisasi. Beberapa kategori stakeholder dibagi menjadi tujuh, yaitu:Kategori PIL (dominan),Kategori PI (betenaga),Kategori PL (berpengaruh),Kategori IL (rentan),Kategori p (dorman),Kategori L (berperhatian),dan katergori I (marginal).

Adapun salah satu peran Stakeholder yang dijelaskan dalam buku ini yaitu peran Stakehold dalam mengolah ekosistem danau. Dijelaskan bahwa di dalam pengelolaan ekosistem danau pemerintah pusat melaksanakan fungsi regulator sumber daya air dan prasarana pengairan (kebijakan makro). Dengan demikian pemerintah berhak memperoleh sebagian dari laba bersih dan pajak atas pengelolaan sumber daya alam (SDA). Adapun beberapa institusi pemerintah yang mengelola SDA yaitu Badan perencanaan pembangunan daerah ( BPPD), Dinas kelautan dan perikanan (DKP), Dinas pertanian ,Dinas pariwisata, Dinas kehutanan,Masyarakat hulu (pertanian), Pemerintah kecamatan atau desa,Masyarakat perikanan,Perguruan tinggi, dan PLTA.

Editor : Indah

144 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Buku

Pahami Dulu Baru Lawan

1 Mins read
Oleh : Sahabati Ummu Salamah Korupsi menurut asal kata berasal dari bahasa latin, corruptio. Kata ini sendiri punya kata kerja corrumpere yang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

PMII dalam Bingkai Eksakta Nalar Pergerakan Saintis Aktivis dalam Dinamika

3 Mins read
‚ÄúTotalitas kader eksakta dalam ber-PMII harus diwujudkan dengan membangun dunia pergerakannya sendiri unuk menemukan mandat intelektualitasnya sebagai mahasiswa, mandat religiutasnya sebagai orang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

Dualisme Kader Eksakta

2 Mins read
Hiruk piruk perjalanan kader eksakta selalu seksi dibincangkan. Walaupun pada akhirnya, tidak ada satupun yang dapat merumuskan solusi terhadap permasalahan kader eksakta… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: