Good News

PMII Sunan Ampel Malang, Bangun Gerakan Berbasis Masyarakat Desa

1 Mins read

Malang, Dalam rangka memupuk kepekaan sosial kader dan membangun gerakan kembali ke masyarakat, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Sunan Ampel Malang gelar Sekolah Gerakan Berbasis Masyarakat Desa pada tanggal 04-06 Oktober 2019 di Dusun Junggo, Desa Tulongrejo, Batu.  Kegiatan yang berlangsung beberapa hari ini, memang di khususkan untuk internal kader PMII Komisariat Sunan Ampel yang diikuti oleh 10 kader dari Hepta Rayon.

Pada hari pertama peserta diberikan materi Analisa Sosial yang disampaikan oleh sahabat Edi Purwanto M. Si yang sekarang aktif di komunitas Averroes Malang. Pada keesokan harinya, peserta diterjunkan langsung ke masyarakat untuk mengaplikasikan materi yang diperoleh tentang Analisa Sosial. Setiap peserta ditugaskan untuk mencari data dan permasalahan yang ada di masyarakat dari pagi hingga sore hari.

Sebelumnya sahabat Edi berpesan untuk menggali masalah layanan dasar di masyarakat seperti halnya pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Meskipun dusun Junggo merupakan daerah yang mengalami konflik Agraria, namun sudah di dampingi oleh KPA (Konsorsium Pembaruan Agraria). Sehingga sahabat Edi berharap kepada peserta untuk mencari ruang-ruang kosong permasalahan yang belum ditangani.

Kemudian materi dilanjutkan dengan pengorganisiran dan pemberdayaan masyarakat oleh sahabat Dr. M. Mahpur, M.Si yang merupakan salah satu Founder Kampus Desa. Beliau menyampaikan bahwa syarat utama dan pertama dalam pengorganisiran dan permberdayaan masyarakat  ialah “hadir dalam masyarakat”. Dengan menjadi bagian masyarakat akan memperoleh kepercayaan dan mempermudah dalam proses pengorganisiran dan permberdayaan masyarakat  desa.

Pada hari terakhir  diisi oleh sahabat Hasan Abdillah yang merupakan pengurus cabang Ansor kota batu tentang manajemen networking. Setelah itu kegiatan ditutup dengan sowan ke beberapa warga sekaligus berpamitan.

Sahabat “Akhmad Bukhori” selaku ketua Komisariat Sunan Ampel Malang berbesan kepada seluruh peserta, dengan berakhirnya Sekolah Gerakan ini “Agar seluruh peserta dan Kader PMII Komisariat Sunan Ampel Malang Peka terhadap kondisi dan lingkungan di masyarakat pedesaan, serta mampu memberikan inovasi dan penangan terhadap persoalan2 di dalam masyarakat”.

Editor : Sahabat   

137 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Good News

PMII Rayon FILKOM UPP Resmi diLantik & Gelar MAPABA Perdana

2 Mins read
Pasir Pengaraian, 27-28 November 2021 – Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Komisariat Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Cabang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

MAPABA Ke 3 STKIP Rokania Kab. Rokan Hulu Sukses Hasilkan 37 Anggota Mu’takid PMII

1 Mins read
PASIR PANGARAIAN – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STKIP Rokania Kabupaten Rohul gelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) ke 3. Agenda… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

SIG Ke-2 KOPRI PMII Se Rokan Hulu Sukses Luluskan 23 Peserta di Universitas Pasir Pengaraian

1 Mins read
Sahabat.or.id, PASIRPENGARAIAN – Sekolah Islam & Gender (SIG) merupakan kegiatan pengkaderan KOPRI yang bersifat formal di tahap awal pasca MAPABA. Salah satu… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: