Good News

PMII Rayon “Cakrawala” Sabdha Palon Gelar Sekolah Islam dan Gender Guna Mengkonstruksi Pemaknaan Gender

1 Mins read

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), sebagai organisasi yang berfokus dalam pengembangan kader, selalu berupaya dalam memberikan pemahaman kepada kadernya dalam segala hal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berdiskusi atau mengadakan sekolah-sekolah.

Seperti yang dilakukan PMII Rayon “Cakrawala” Sabdha Palon (RCSP) Komisariat Raden Rahmat Cabang Kabupaten Malang, untuk memberikan pemahaman kadernya terkait gender, maka diadakanlah Sekolah Islam dan Gender (SIG) 1 RCSP.

Sahabati Anna Triyana Larasati, selaku Ketapel (Ketua Pelaksana) SIG, menjelaskan bahwa “ SIG ini merupakan salah satu jenjang kaderisasi formal dari Koprs PMII Puteri (KOPRI). SIG ini diikuti sebanyak lima kader putra dan lima kader putri, yang mana mereka adalah calon kader-kader terbaik yang dimiliki RCSP ”, terang Sahabati Anna.

Kegiatan SIG ini dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu (20/04/2019) dan Minggu (21/04/2019), bertempat di Gedung SMA (Sekolah Menengah Atas) NU (Nahdlatul ‘Ulama) Kepanjen Kabupaten Malang. Adapun tema yang diangkat untuk SIG ini adalah “Memulihkan Pemaknaan Disorientasi Gender”.

Sahabat Alfin Elvani, salah satu peserta SIG megungkapkan bahwa “ Banyak hal yang saya dapatkan dari SIG ini, seperti akhirnya saya mengetahui bagaimana hak-hak dan kewajiban seorang perempuan? dan bagaimana  sebenarnya perempuan itu setara dengan seorang laki-laki ?.”

“ Tema ini kami angkat untuk mengembalikan dan mengkonstruksi ulang pemikiran kader-kader agar menyadari apa makna dari gender itu sebenarnya?, apa fungsi dari SIG itu sebenarnya dan output yang dapat diperoleh dari adanya SIG ?, jelas Sahabati Anna.

“ Saya berharap semoga kegiatan SIG ini tidak hanya sebagai bentuk wujud kerja bakti RCSP tetapi dapat pula memotivasi kader-kader muda yang mana sekarang sedang haus untuk ilmu pengetahuan”, ujar Sahabati Anna. (AMH)

150 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Good News

Atubu dan Fitriana Pimpin PK PMII STAI TUNTAS 2022-2023 pada RTK Ke-II

1 Mins read
Pasir Pengaraian – Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STAI Tuanku Tambusai 2020-2022 sukses gelar Rapat Tahunan Komisariat (RTK) Ke-2…. Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

3 Kader PC PMII ROHUL Ikuti PKL II PKC PMII Riau Kepri, Segini Jumlah Total Kader Mujtahid di Rokan Hulu

1 Mins read
Pekanbaru, Sebanyak 3 Kader Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Rokan Hulu mengikuti Kaderisasi Formal yaitu Pelatihan Kader Lanjut… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

PC PMII Rokan Hulu Gelar Tasyakuran Harlah Ke-62 PMII dan Buka Bersama Alumni, Kader & Anggota

1 Mins read
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kab. Rokan Hulu, Prov. Riau melaksanakan Tasyakuran Hari Lahir (HARLAH) Ke-62 dan Buka Bersama Alumni, Kader… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: