Good News

PMII 1011 Konsisten Dorong Gerakan Peningkatan Kapasitas Moderasi Beragama di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

1 Mins read

Surabaya – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Sepuluh Nopember Surabaya melalui lembaganya, Future Leader Movement (FLM) 1011 mendorong penuh kegiatan peningkatan kapasitas moderasi beragama di tingkat kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada 26 hingga 28 November 2021 ini menggandeng Kementerian Agama RI dan Yayasan Puspa Sada Setara, serta diikuti oleh 40 peserta dari angkatan pertama dan kedua mahasiswa/i Institut Teknologi Sepuluh November.

Digelar di Hotel Novotel Surabaya, kegiatan tersebut bertujuan untuk memahamkan, meyakinkan dan memperkuat wawasan peserta terhadap moderasi beragama di kampus perjuangan dengan harapan membentuk kader moderasi beragama yang selalu menjaga kebinekaan di lingkungan kampus.

Wakil Rektor I ITS Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto, MT dalam sambutannya berharap para peserta dapat menjadi kader moderasi beragama sekaligus sebagai garda terdepan dalam menjaga kebhinekaan beragama di lingkungan kampus.

“Harapannya peserta dalam kegiatan ini dapat menjadi kader moderasi beragama sekaligus sebagai garda terdepan dalam menjaga kebhinekaan beragama di lingkungan kampus,” harapnya.

Tak hanya itu, Prof Adi, Sapaan akrabnya, memaparkan bahwa bersatunya Perguruan Tinggi sebagai pusat ilmu pengetahuan dan Pesantren sebagai pusat ilmu agama untuk menyusun kurikulum agama yang Rahmatan Lil Alamin. “Menjadi salah satu solusi untuk memperkuat kebangsaan dan membumikan agama yang sejuk.”

“Perlunya revolusi mental salah satunya sikap moderat dalam beragama dilandasi dengan persepsi tentang Tuhan dan Agama yang benar.” kutip salah satu pemateri Agus Nasruddin atau yang akrab disapa “Cak Lege” dalam salah satu kesempatannya.

Sementara, menurut pemateri Ahmad Irham Fauzi, Istiqomah adalah kunci memberantas bibit ketidaktoleran-an.

“Pergerakan memberantas bibit ketidaktoleran-an dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, kuncinya adalah istiqomah,” jelas pria yang akrab disapa Cak Ujik tersebut.

“PMII 1011 konsisten untuk mendorong moderasi beragama di lingkungan kampus, salah satunya melalui peningkatan kapasitas mahasiswa dalam memoderasikan cara beragamanya, bukan memoderasi agama, sehingga kebhinekaan dalam lingkungan kampus tetap terjaga dan kampus menjadi tempat yang sejuk untuk umat beragama yang heterogen.” imbuh Ketua Komisariat PMII Sepuluh Nopember, Vanda Fitriyanah. (29/11).

Kegiatan berjalan lancar, Outbound menjadi pertanda berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan yang telah digelar selama tiga hari tersebut.

Kontributor : Muhammad Arif Faizin

144 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Good News

Siapkan Kader Mujahid yang Satu Angkatan dan Satu Jiwa, PK PMII Insan Unggul Gelar Pelatihan Kader Dasar.

1 Mins read
Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer (STTIKOM) Insan Unggul Cabang Cilegon menggelar PKD pertama kali… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

Regenerasi Kepengurusan, PMII Rayon Tarbiyah dan Ekonomi Syariah menggelar Rapat Tahunan Anggota Rayon (RTAR)

2 Mins read
Pengurus Rayon Tarbiyah dan Ekonomi Syariah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Wasilatul Falah menggelar acara rapat tahunan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

PK PMII STAISMAN Mengadakan Kajian rutinitas Dua Materi Sekaligus

1 Mins read
Pada tanggal 26 Desember 2021 Pengurus Komisariat Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Syekh Mansur (STAISMAN) Pandeglang mengadakan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: