Good News

Pelantikan Pengurus Baru: PMII Komisariat Sunan Ampel Malang. Adakan Sarasehan Pergerakan bertema “Barisan Kader dalam Garis Perjuagan Kaum Mustad’afin”

2 Mins read

PK. PMII Sunan Ampel Malang akan menatap masa depan dan menghadapi tantangan dengan nahkoda barunya. Rabu, 29 Januari 2020 pada pukul 22.00 WIB Pengurus Baru PK. PMII Sunan Ampel Malang resmi dilantik. Pelantikan ini dikemas apik dengan mengadakan acara Sarasehan Pergerakan dengan tema “Barisan Kader  dalam Garis Perjuangan Kaum Mustad’afin”. Sarasehan pergerakan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kembali  ghirah atau semangat perjuangan kader dalam membela orang-orang tertindas, sebagaimana dikatakan oleh Sahabat Badrus Sholeh, selaku Ketua Komisariat terpilih PK. PMII Sunan Ampel Malang. Hal ini selaras dengan pernyataan Ketua Bidang I PC. PMII Kota Malang dalam sambutannya di Acara Pelantikan, “ditengah krisis pergerakan dan lenyapnya narasi mustad’afin kini hal itu telah kembali lagi ditegakkan sebagai jihad PMII kedepan”.

Acara pelantikan dan sarasehan pergerakan yang dilaksanakan di Aula Rektorat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ini dihadiri oleh lebih dari 150 tamu undangan dari Pengurus Komisariat se-Kota Malang, dan pengurus organisasi ekstra mahasiswa lainnya. Acara sarasehan pergerakan ini menghadirkan dua Keynote Speaker, yakni Mohammad Maghfur M.Si dari IKPMII Sunan Ampel Malang sekaligus dosen Fakultas Psikologi di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Wahyu Eka Setyawan dari Walhi Jawa Timur. Kedua Keynote Speaker menyoroti narasi mustad’afin dari dua sisi berbeda, Mohammad Maghfur mengatakan bahwa “kemiskinan tidak perlu jauh-jauh dilihat, contohnya mahasiswa yang uang sakunya ditanggung oleh orangtua adalah salah satu contoh kemiskinan karena dia masih membebankan dirinya pada orang lain”, sedangkan Wahyu Eka Setyawan mengatakan bahwa “kemiskinan terjadi karena adanya penguasaan lahan oleh orang-orang kaya dan menyebabkan orang miskin tertindas” Wahyu Eka Setywan juga menambahkan bahwa satu problem menarik yang kita hadapi hari ini adalah suatu era dengan iklim yang tidak menentu, hal ini tidak dapat kita pungkiri disebabkan oleh kerusakan alam yang dilakukan oleh struktural maupun individual. Dia juga berharap bahwa konteks hablumminal alam dapat dikonstruksi untuk merealisasikan habluimminallah dan hablumminannaas untuk mendorong perubahan yang sistematis.

PMII tidak dapat menepis kenyataan ini bahwa ada dimensi politis yang meyelimuti tubuh dari PMII, relasi patrimonial atau tradisi politik feodal mengakar kuat dalm praktik-praktik politik  PMII, penghambaan dirinya atas elite-elite politik yang terintegrasi dalam birokrasi meyebabkan kegagapan kader PMII untuk radikal dalam setiap kali upaya merealisasikan gerakan sosial yang nyata dan mengingat bahwa Indonesia hari ini menghadapi masa yang sulit, yakni dimana praktik oligarki semakin merajalela dan kerusakan alam terjadi dimana-mana yang disebabkan oleh orang-orang dibalik praktik oligarki itu sendiri, maka dari itu dalam sambutannya, Syaiful Anam sebagai perwakilan PC. PMII Kota Malang mengajak seluruh kader untuk bersama-sama menegakkan “amar ma’ruf nahi munkar” yang berarti konsen terhadap demokrasi dan hak asasi manusia mutlak diperlukan. Sebagaimana Nabi Muhamad SAW membebaskan para budak dan Bilal bin Rabah adalah salah satu saksi sejarah bahwa Islam hadir dengan spirit perjuangan, dan PMII harus berkomitmen di jalan pembebasan atas nama Islam, Hadist, Ijma’ dan Qiyas. Hal ini sejalan dengan Nilai Dasar Pergerakan PMII yang mengaharuskan kader PMII menjalankan relasi baik dengan Tuhan, alam, dan sesama manusia.

Berjuta harapan disandarkan pada pundak pengurus-pengurus baru PK. PMII Sunan Ampel Malang, beribu ucapan selamat disampaikan, serta beribu do’a dilangitkan untuk keberelangsungan kepengurusan kedepannya. Semoga dengan dilantiknya pengurus baru ini dapat memberikan semangat perjuangan baru di tubuh PMII Sunan Ampel Malang khususnya dan membuat PMII kembali lagi pada nilai-nilai pergerakannya untuk bersama-sama membela masyarakat yang tertindas. (Vivi)

137 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Good News

PMII Rayon FILKOM UPP Resmi diLantik & Gelar MAPABA Perdana

2 Mins read
Pasir Pengaraian, 27-28 November 2021 – Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Komisariat Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Cabang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

MAPABA Ke 3 STKIP Rokania Kab. Rokan Hulu Sukses Hasilkan 37 Anggota Mu’takid PMII

1 Mins read
PASIR PANGARAIAN – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STKIP Rokania Kabupaten Rohul gelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) ke 3. Agenda… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

SIG Ke-2 KOPRI PMII Se Rokan Hulu Sukses Luluskan 23 Peserta di Universitas Pasir Pengaraian

1 Mins read
Sahabat.or.id, PASIRPENGARAIAN – Sekolah Islam & Gender (SIG) merupakan kegiatan pengkaderan KOPRI yang bersifat formal di tahap awal pasca MAPABA. Salah satu… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: