Buku

Pahami Dulu Baru Lawan

1 Mins read

Oleh : Sahabati Ummu Salamah

Korupsi menurut asal kata berasal dari bahasa latin, corruptio. Kata ini sendiri punya kata kerja corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik atau menyogok.

Sedangkan menurut hukum di Indonesia, penjelasan yang lebih jelasnya ada dalam 13 pasal UU No.31 tahun 1999 jo. UU no.21 tahun 2001. Menurut UU itu ada 30 puluh jenis tindakan yang dikategorikan sebagai tindak korupsi yakni merugikan negara, suap-menyuap, penyalahgunaan jabatan, pemerasan, kecurangan, benturan kepentingan dalam pengadaan, pemberian hadiah (gratifikasi). Semua itu termasuk tindakan korupsi.

Secara sederhana Korupsi yaitu suatu perbuatan yang menyalahgunakan uang negara untuk kepentingan diri sendiri atau orang lain

Yang penulis ambil dari hasil membaca Buku SAKU KPU, bahwa perbuatan korupsi itu bukan hanya ada diinstasi pemerintahan melainkan dikehidupan sehari-hari kita juga ada dan banyak kasus korupsi. mungkin tanpa disadari kita pun juga pernah melakukan tindakan korupsi.

Seperti kasus “Hadiah teman”. yang suatu hari kamu bolos dari sekolah, Kamu minta tolong kepada temanmu untuk mengabsenin namanya, permintaan pun dikabulkan. Tau-tau sorenya kamu mampir ke rumahnya sambil membawakan buah-buahan untuknya.

Kita boleh menganggap ini hal biasa, tapi ingat dari pola pikir kaya begini, bibit korupsi bakal tumbuh dan mengganas dikemudian hari.

Bagaimana pun caranya untuk melawan korupsi jikalau seseorang sudah tertanam bibit korupsi dalam pikirannya, sulit untuk dihindari.

Kejujuran sangatlah penting, sedari kecil anak harus sudah diedukasikan tentang kejujuran.

Ternyata benar apa yang dikatakan kasino-warkop bahwa “Bangsa ini tidak kekurangan orang pintar tapi kekurangan orang jujur.”

144 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Buku

PMII dalam Bingkai Eksakta Nalar Pergerakan Saintis Aktivis dalam Dinamika

3 Mins read
“Totalitas kader eksakta dalam ber-PMII harus diwujudkan dengan membangun dunia pergerakannya sendiri unuk menemukan mandat intelektualitasnya sebagai mahasiswa, mandat religiutasnya sebagai orang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

Dualisme Kader Eksakta

2 Mins read
Hiruk piruk perjalanan kader eksakta selalu seksi dibincangkan. Walaupun pada akhirnya, tidak ada satupun yang dapat merumuskan solusi terhadap permasalahan kader eksakta… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

Dunia Maya (Misteri Dunia dan Cinta)

4 Mins read
Judul               : Dunia Maya (Misteri Dunia dan Cinta)Penulis           : Jostein GaarderPenerbit         : PT Mizan PustakaTebal Buku    : 420 HalamanISBN               :… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Good News

PMII ROHUL SUKSES TADJAH SILATURAHIM DAN PELANTIKAN 3 RAYON SE UPP

%d blogger menyukai ini: