Buku

Marxisme, Ilmu dan Amalnya Karya Njoto

2 Mins read

Judul               : Marxisme, Ilmu dan Amalnya
Penulis            : Njoto
Penerbit           : Berdikari Book
Cetakan           : Pertama, Juni 2017
Tebal               : xii + 125 hlm ; 12 x 18 cm
ISBN               : 978-602-61384-0-8

Buku ini seakan menyadarkan pembaca bahwa untuk mengukur kecerdasan seseorang tidak hanya dari secarik kertas yang di dapatkan dalam empat belas semester, sepertihalnya Bung Nyoto. Beliau berbeda dengan kebanyakan aktivis  saat ini, karena Nyoto tidak pernah mengeyam pendidikan di perguruan tinggi dan tidak pernah merasakan hegemoni kampus sehingga ia tidak pernah merasakan dinamika kampus. Namun, Bung Nyoto adalah seorang intelektual sejati, khususnya mengenai Marxisme. Hal ini terbukti dengan adanya buku ini setelah bung nyoto memberikan perkuliahan di Universitas Rakyat dan Universitas Indonesia.

Meskipun tidak pernah mengenyam Pendidikan di perguruan tinggi, pengetahuan yang dimiliki Nyoto  tentang politik, filsafat, dan kebudayaan sangatlah luas. Jadi sangat tidak diragukan lagi jika kemudian beliau menjadi Wakil Ketua II CC PKI, sekaligus menjadi otak dari Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra). Martin Aleida yang merupakan rekan sejawatnya, yang juga pernah menjadi aktivis Lekra berujar bahwa “Saya rasa, kalau Bung Nyoto tidak ada, maka Lekra tidak akan pernah besar seperti jaman itu”.

Nyoto sudah membaca buku-buku kiri sejak mengenyam Pendidikan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) semacam sekolah menengah di Solo, Jawa Tengah. Jadi, nama-nama seperti Karl Marx, Lenin, dan Stalin sudah tidak asing ditelinganya .

Saat berbicara tentang Marxisme, stikma yang tebangun adalah sebuah dokma politik saja. Padahal sejatinya Marxisme lebih luas dan lebih dalam dari sekedar dokma politik. Marxisme bukanlah suatu cara dan rancangan pemerintah saja, juga bukan pemecah teknis untuk masalah perekonomian, dan bukan juga suatu pendirian yang bolak-balik. Ia menyebutkan dirinya suatu tafsiran yang luas tentang manusia dan sejarah, tentang mahluk dan masyarakat, tentang alam dan tuhan. Pendek kata, system yang menyeluruh.

Sepertihalnya, pertanyan-pertanyan yang fundamental lainnya, seperti misalnya “Apakah kemerdekaan itu? Apakah Kebenaran itu? Apakah tujuan hidup yang semulia-mulianya?” Dsb. Juga dijawab secara sama, yaitu: dibeberkan hakikatnya, ditunjukkan jalan mencapainya, dan diselenggarakan di dalam praktik. (Hal 5)

Lalu, bagaimana Marxisme dapat menjawab pertanyan yang fundamental ini?, yang mana pertanyaan ini sudah lama tidak terjawab, sudah barang tentu dari ilmu Marxisme itu sendiri. Didalam buku Marxisme, Ilmu dan Amalnya ini membahas empat lokus permasalahan yaitu, Marxisme sebagai Ilmu, Filsafat Proletariat, Ekonomi Sosialis, dan Sosialis Indonesia. Saat membaca buku ini, pembaca seolah-olah dibawa dalam suasana ruang kelas dan mendengarkan bung nyoto bercerita tentang pemikiran Karl marx, yang disampaikan secara singkat dan padat.  

Dalam menyampaikan pemikirannya, Bung Nyoto seperti seorang orator berat, tegas, namun mudah dipahami. Tata Bahasa yang digunakan juga sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Memang benar buku ini tercipta dari perkuliahan yang diberikan di mimbar-mimbar kampus. Sehingga pembaca  saat membaca buku ini  tidak merasa kesulitan dalam memahami maknanya.

Kelebihan:

Buku ini sangat cocok sebagai pengantar sekaligus sebagai salah satu metode pendekatkatan untuk memahami Marxisme.  Saat membaca buku ini kita akan tahu sejatinya Marxisme sangatlah luas, dan kita juga tahu bahwa Marxisme tidak selamanya buruk. Namun, walaupun demikian buku merupakan jambatan untuk memperoleh informasi.  Adapun demikian pembaca harus jeli dalam memfilter segala informasi, mengambil yang baik dan meninggalkan yang buruk. Karena sejatinya kita adalah pembca sejarah bukan pelaku sejarah.

Kekurangan:

Seiring berkembangnya zamam banyak sekali bermunculan buku-buku tentang Marxisme. Namun buku Marxisme, Ilmu dan Amalnya ini tidak menyajikan ilustrasi sepertihalnya buku Marxisme untuk Pemula, terbitan Resist Book yang dikarang oleh Rupert Wooddfin yang banyak memberikan ilustrasi-ilustrasi didalam bukunya.

16 posts

About author
Nyari kerja
Articles
Related posts
Buku

Pahami Dulu Baru Lawan

1 Mins read
Oleh : Sahabati Ummu Salamah Korupsi menurut asal kata berasal dari bahasa latin, corruptio. Kata ini sendiri punya kata kerja corrumpere yang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

PMII dalam Bingkai Eksakta Nalar Pergerakan Saintis Aktivis dalam Dinamika

3 Mins read
“Totalitas kader eksakta dalam ber-PMII harus diwujudkan dengan membangun dunia pergerakannya sendiri unuk menemukan mandat intelektualitasnya sebagai mahasiswa, mandat religiutasnya sebagai orang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

Dualisme Kader Eksakta

2 Mins read
Hiruk piruk perjalanan kader eksakta selalu seksi dibincangkan. Walaupun pada akhirnya, tidak ada satupun yang dapat merumuskan solusi terhadap permasalahan kader eksakta… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: