Good News

KOPRI KOMISARIAT SUNAN AMPEL MALANG ADAKAN KAJIAN KEKERASAN SEKSUAL DIKOTA MALANG

1 Mins read

Malang, Senin 21 Mei 2019, pengurus KOPRI ( Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri) Komisariat Sunan Ampel Malang mengadakan kajian KOPRI yang bertema “ Study Analisis Kekerasan Seksual di Kota Malang”.

Kami memilih tema ini , karena kasus ini sedang marak tejadi dikota Malang, bahkan yang sedang hangat terjadi di lingkungan internal kampus UIN Malang sendiri” jelas Lailin selaku ketua KOPRI komisariat Sunan Ampel Malang.

Kajian KOPRI ini di laksanakan di DAKSI Coffee, Jln. Joyo Suko Timur, Gg. II, No.42 B, Merjosari Lowok Waru Malang.

Kajian ini bertujuan agar KOPRI mengetahui arah gerak dan kebijakan dalam menangani kasus kekerasan seksual, selain itu agar dapat mengetahui arah kebijakan dan Study Advokasi KOPRI Komisariat Sunan Ampel Malang dalam menangani dan mengawal kasus kekerasan seksual yang ada di kota Malang khususnya di Internal UIN Malang sendiri.

Kegiatan ini di moderator oleh sahabat Khilyati Ulin Nur , dimulai dengan pembacaan salam dan menjelaskan latar belakang kegiatan tersebut, setelah itu dilanjut dengan materi pertama yang di sampaikan oleh bapak Muhammad Mahpur M. Si (Rektor kampus desa Indonesia) lalu dilanjut dengan materi kedua yang dijelaskan oleh Ibu Umi Khorirotin Nasichah yang akrab disapa dengan mbak Oyik (Konselor Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara).

Pemateri menjelaskan tentang gambaran umum kekerasan seksual, jenis-jenis kekerasan seksual, stratergi penanganannya dan bagaimana peran KOPRI dalam menangani kasus Kekersan seksual. Pemateri juga menjelaskan materi dengan bahasa yang lugas dan ringan sehingga pesertapun fokus mendengarkan apa yang disampaikan oleh pemateri.

Diforum tersebut ada beberapa beberapa pertanyaan , sahabat Yogi dari Sahabat PMII bertanya tentang upaya yang kita ambil sebagai warga apabila mngetahui ada kasus kekerasan seksual di sekitar kita , dan ada sahabat Siska yang menanyakan dasar hukum yang kuat selain KUHP dalam kekerasan seksual dan Identifikasi kekerasan seksual beserta bukti kuat kasus kekerasan seksual yang dapat di bawa ke ranah hukum. Dan pertanyaan terakhir disampaikan oleh sahabati Qiper dari Rayon Radikal Al-Faruq , tentang kasus yang terjadi di UIN Malang dan bagaimana peran KOPRI dalam menyikapi kasus tersebut.

Kajian tersebut berjalan dengan lancar dengan peserta yang penuh memenuhi ruangan bahkan ada beberapa dari media karena memang kajian ini terbuka untuk umum.

“Harapannya semoga dengan diadakannya kajian ini kita bias menindak lanjuti pengawalan kasus kekerasan seksual di kota Malang khususnya internal UIN malang “ tambah sahabati lailin, acara ini di tutup dengan pemberian cindera mata kepada pemateri oleh ketua Komisariat Sunan Ampel Malang yaitu sahabat Bukhori dan ketua KOPRI Komisariat Sunan Ampel yaitu Sahabti Lailin. (Nur Kumalatul Bariroh)

144 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Good News

Siapkan Kader Mujahid yang Satu Angkatan dan Satu Jiwa, PK PMII Insan Unggul Gelar Pelatihan Kader Dasar.

1 Mins read
Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) Sekolah Tinggi Teknologi Ilmu Komputer (STTIKOM) Insan Unggul Cabang Cilegon menggelar PKD pertama kali… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

Regenerasi Kepengurusan, PMII Rayon Tarbiyah dan Ekonomi Syariah menggelar Rapat Tahunan Anggota Rayon (RTAR)

2 Mins read
Pengurus Rayon Tarbiyah dan Ekonomi Syariah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Wasilatul Falah menggelar acara rapat tahunan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

PK PMII STAISMAN Mengadakan Kajian rutinitas Dua Materi Sekaligus

1 Mins read
Pada tanggal 26 Desember 2021 Pengurus Komisariat Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Syekh Mansur (STAISMAN) Pandeglang mengadakan… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: