Good News

Hari Pers Nasional : PMII Punya Mahbub Djunaidi Sang Pendekar Pena

1 Mins read

Sahabat.or.id – Semarang, Dalam Memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 09 Februari 2021, Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia  Diponegoro Semarang menggelar Diskusi Hari Pers Nasional. Selasa 09/02/2021.

Kegiatan diskusi ini diharap bisa menjadi refleksi sekaligus momen untuk bisa mendalami dan meneladani Ketua Pertama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yaitu Mahbub Djunaidi yang juga seorang tokoh Pers Nasional dengan sebutan Sang Pendekar Pena.

Diskusi ini bernama NGOPI (Ngobrol Pintar PMII) dan mengambil tema “Hari Pers Nasional : Mengenang dan Meneladani Mahbub Djunaidi Sang Pendekar Pena” diselengarakan via platform Zoom dan menghadirikan narasumber Bung Isfandiari Mahbub Djunaidi (Putra Mahbub Djunaidi, Penulis) 

Ketua Komisariat PMII Diponegoro (Muthahary Hayyurahman) dalam sambutannya menjelaskan, Diskusi Ngopi ini adalah bentuk upgrade dari diskusi tahun lalu yang bernama Rembulan (Rabu Malam Kumpulan).

“Alhamdulillah malam ini kita bisa berkumpul di acara Ngopi, acara ini adalah bentuk upgrade dari acara sebelumnya (Rembulan). Ini sesuai dengan prinsip yang selalu kita pegang, tradisi yang lama kalo bisa terus diperbaiki dan diupgrade” tururnya.

Bung Isfandiari menceritakan perihal bagaimana dulu seorang Mahbub memperingati Hari Pers Nasional.

“salah satu hal yang bisa kita teladani dari Mahbub Djunaidi adalah soal nyalinya, selain tulisannya yang menginspirasi. bagi saya beliau mempunyai nyali yang besar untuk menuliskan sebuah gagasan, mislanya ketika Pramoedya Ananta Toer dikucilkan oleh pemerintah kala itu karna Pram menulis dan mengenalkan Tirto Adhi Soerjo tokoh yang digelari bapak Pers Nasional ke khalayak lewat buku Sang Pemula, satu satunya orang yang militan dengan Pram adalah Mahbub Djunaidi. Karna bagi beliau profesi dan gagasan itu tidak boleh dibunuh” tegasnya saat menyampaikan materi.

Putra Mahbub Djunaidi yang juga seorang penulis ini juga menjelaskan perihal mimpi-mimpi dari ayahnya untuk kader-kader PMII

“mimpi dari Mahbub Djunaidi adalah menciptakan kader-kader PMII yang berguna pada zamannya, kader PMII harus mengisi panggung-panggung karna kader PMII mempunyai bapak yang bernama Nahdhatul Ulama yang kita tahu NU adalah salah satu organisasi terbesar di dunia, artinya kader PMII sudah diberi keleluasan untuk berproses, walau begitu jangan sampai kader PMII terjebak di zona nyaman” pungkasnya. Diskusi yang dihadiri oleh kurang lebih 700 peserta dari berbagai Kota berlangsung Interaktif. Dibuktikan dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kepada narasumber dan diskusi dihadiri juga oleh Bung Iwan, Bung Gin Kurnia, dan Bung Bobby Asrtand (Para saksi sejarah Mahbub Djunaidi) beliau menceritakan tentang Mahbub Djunaidi semasa masih hidup.(Muhammad Yunip)

137 posts

About author
"Ber-PMII-lah dengan caramu sendiri"
Articles
Related posts
Good News

PMII Rayon FILKOM UPP Resmi diLantik & Gelar MAPABA Perdana

2 Mins read
Pasir Pengaraian, 27-28 November 2021 – Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Komisariat Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Cabang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

MAPABA Ke 3 STKIP Rokania Kab. Rokan Hulu Sukses Hasilkan 37 Anggota Mu’takid PMII

1 Mins read
PASIR PANGARAIAN – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STKIP Rokania Kabupaten Rohul gelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) ke 3. Agenda… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Good News

SIG Ke-2 KOPRI PMII Se Rokan Hulu Sukses Luluskan 23 Peserta di Universitas Pasir Pengaraian

1 Mins read
Sahabat.or.id, PASIRPENGARAIAN – Sekolah Islam & Gender (SIG) merupakan kegiatan pengkaderan KOPRI yang bersifat formal di tahap awal pasca MAPABA. Salah satu… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Good News

PMII Komisariat STIT Pringsewu Ziarah Makam Pendiri Ponpes YPPTQMH Pringsewu

%d blogger menyukai ini: