Buku

Dualisme Kader Eksakta

2 Mins read

Hiruk piruk perjalanan kader eksakta selalu seksi dibincangkan. Walaupun pada akhirnya, tidak ada satupun yang dapat merumuskan solusi terhadap permasalahan kader eksakta terutama dalam hal kaderisasi. Beda kader beda kesimpulan bahkan tak berujung kesimpulan itu. Tak lantas, semua berdebatan itu pun berakhir dengan kata “kembalikan pada kultur setiap rayon”.

Mungkin, terlalu rumit merumuskan tentang kader eksakta. Barangkali, proses pembelajaran yang terdapat di kuliah membentuk pola pikir mereka yang begitu rumit. Sudahlah, tau usah membicarakan persoalan yang kuno itu. Toh, pada hasilnya akan sama saja semua tak berujung. Fokus saja pada perkembangan intelektual kader, yang niatan awalanya adalah  untuk mentransformasikan ilmu sains kepada ilmu sosial. Dengan tujuan adalah keberpihakan kader kepada masalah sosial saat ini.

Tentu, itu persoalan yang harus dikampanyekan di ruang – ruang PMII. Contoh saja Rayon PMII Pencerahan Galileo merupakan rayon yang berlatar belakang eksakta tepatanya, berdomisili di Kota Malang Gerakan baca tulis yang menjadi dasar dari PMII Pencerahan Galileo dalam  mentransformasikan nilai – nilai sains ke dalam sosial. Ini bukan suatu permasalahan yang rumit sebenaranya. Hanya cukup terbiasa membaca lalu menulis. Saya menyakini bahwa dalam proses membaca itupun akan lahir pemikiran kritis. Inilah bekal dari terciptanya buku “Dualisme Kader Eksakta”

Dualisme artinya memiliki dua peran, dua amanah yang ada di bahu kader PMII yang berlatar belakang sains. Pertama, perannya tak lain adalah megembangkan keilmuan sains yang dapat diaplikasikan lewat karya kader eksakta dan kedua, bahwa lingkunganlah yang menciptakan pola pikir mereka yang  berbeda dengan mahasiswa lainnya. Artinya permaslahan sosial pun harus pula menjadi bahan kajian dan dialektika bagi kader eksakta.

Dalam buku “Dualisme Kader Eksakta” terdapat 25 kader PMII Pencerahan Galileo telah menorehkan pemikirannya yang luar biasa. Tentu, tiap kader memiliki gagasan yang berbeda di setiap bait – bait yang tertulis dalam buku itu. Namun, tetap satu tujuan yakni dualimse itu sendiri. Tulisannya pun menggambarkan bagaimana harapan untuk kader eksakta dalam melakukan proses ke depannya.

Harapan itulah yang harus dibangun dalam ruang – ruang PMII. Namun, harus dibekali dengan pengetahuan dan pengalaman kader. Sebab, buku dualimse ini mengajarkan bahwa pengetahuan dan pengalaman harus selalu beriringan. Yang lebih, penting dalam buku ini adalah refleksi tetang siapa kita? Untuk apa berproses di PMII?, Apa yang hendak dilakukan oleh kader EKSAKTA untuk PMII?. Ini pertanyaan yang sederhana namun sulit untuk dijawab. Jawabannya barangkali tetaplah berproses dalam PMII. Benahi ruang – ruang itu telah retak. Tetap melakukan gerakan intelektual untuk menunjukkan keberpihakan kader eksakta pada permasalahan sosial. Dan mari memutus mata rantai yang beranggapan bahwa persoalan sosial adalah persoalan anak sosial saja dan tidak ada urusannya dengan anak sains.

Related posts
Buku

PMII dalam Bingkai Eksakta Nalar Pergerakan Saintis Aktivis dalam Dinamika

3 Mins read
“Totalitas kader eksakta dalam ber-PMII harus diwujudkan dengan membangun dunia pergerakannya sendiri unuk menemukan mandat intelektualitasnya sebagai mahasiswa, mandat religiutasnya sebagai orang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

Dunia Maya (Misteri Dunia dan Cinta)

4 Mins read
Judul               : Dunia Maya (Misteri Dunia dan Cinta)Penulis           : Jostein GaarderPenerbit         : PT Mizan PustakaTebal Buku    : 420 HalamanISBN               :… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

Jakarta Sebelum Pagi

4 Mins read
Judul                     : Jakarta Sebelum PagiPenulis                 : Ziggy ZezsyazeoviennazabrizkiePenerbit              : Gramedia Widiasarana IndonesiaKetebalan Buku : 280 HalamanISBN                      : 9786023754847 “Hari ini, di pemakaman,… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: