Teknologi

Cara Install CyberPanel di CentOS 7

2 Mins read

CyberPanel adalah web panel yang bersifat open source yang menggunakan web server OpenLiteSpeed. Fungsi cPanel adalah untuk memudahkan pengelolaan website yang ada di VPS. CyberPanel memiliki dua versi yaitu versi gratis dan versi perusahaan (berbayar). CyberPanel dirancang sebagai kontrol panel yang mudah digunakan, aman dan cepat.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai CyberPanel, beserta cara instalasi CyberPanel  pada server.

Apa itu CyberPanel?

CyberPanel adalah salah satu web panel yang digunakan untuk manajemen VPS. Seperti halnya web panel pada umumnya, fungsi dari CyberPanel sama seperti cPanel, Plesk, VestaCP, Webuzo, dan lain-lain. Yaitu untuk mempermudah dalam menjalankan atau memanajemen VPS.

CyberPanel memiliki file manager yang user friendly layaknya cPanel. Tidak seperti kontrol panel umumnya yang mengandalkan layanan open source seperti net2ftp, extplorer atau lainnya, CyberPanel mengembangkan fitur ini mandiri sehingga sangat mudah digunakan.

Hal-hal yang perlu disiapkan

Sebelum memulai proses Instalasi CyberPanel di CentOS 7, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

  1. Pastikan Anda menggunakan Server CentOS versi 7.
  2. Kapasitas penyimpanan minimal 10GB.
  3. Pastikan server sudah terinstall Python versi 2.7
  4. Pastikan RAM pada server minimal 1GB.
  5. Pastikan CPU minimal  0.5 core.

Jika sudah memiliki kriteria server dengan syarat di atas, Anda bisa memulai cara install CyberPanel di CentOS 7. Berikut ini langkah-langkah untuk install CyberPanel di CentOS 7.

Cara Install CyberPanel di CentOS 7

1. Download dan Install CyberPanel

Pertama, login ke dalam server VPS Anda sebagai root.  kemudian download file installer CyberPanel menggunakan perintah berikut:

sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O – https://cyberpanel.net/install.sh)

Lalu tekan ENTER untuk memulai proses download dan instalasi CyberPanel.

2. Pilihan untuk Instalasi CyberPanel

Selanjutnya, Anda akan diberikan pilihan untuk melanjutkan proses instalasi. Berikut penjelasannya.

  1. Pilihan pertama untuk instalasi CyberPanel.
  2. Pilihan kedua untuk instalasi Addons dan Miscellaneous
  3. Pilihan ketiga untuk keluar dari proses instalasi.

Pada panduan ini kami memilih opsi pertama, yaitu Install CyberPanel karena kami akan menginstall CyberPanel. tekan ENTER untuk melanjutkan instalasi.

3. Pilih Versi Instalasi CyberPanel

Kemudian, installer CyberPanel akan menampilkan spesifikasi sistem Anda dan memberikan opsi versi CyberPanel yang akan Anda install. berikut ini penjelasan dari versi CyberPanel.

  1. Pilihan pertama adalah menginstall CyberPanel versi free.
  2. Pilihan kedua adalah menginstall CyberPanel versi berbayar.
  3. Pilihan ketiga adalah perintah untuk keluar dari instalasi CyberPanel.

Pada panduan ini kami memilih opsi pertama, yaitu Install CyberPanel With OpenLiteSpeed karena kami akan menginstall versi free CyberPanel. Lalu tekan ENTER untuk melanjutkan instalasi.

4. Buat Password CyberPanel

Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan password untuk login CyberPanel Anda. Jika Anda tidak mengisinya, CyberPanel secara otomatis akan memberikan password  default, yaitu 1234567.

Terdapat dua pilihan lain dalam membuat password. Anda bisa memilih password random atau membuat password. Jika ingin memilih password random, masukkan huruf R. Jika ingin membuat password sendiri, masukkan huruf S.

Pastikan password mengandung kombinasi huruf dan angka untuk meningkatkan keamanan.

5. Instalasi Memcached

Pada langkah selanjutnya, Anda akan diberikan pilihan untuk menginstall Memcached dan Redis. Pada langkah ini, kami hanya akan menginstall Memcached karena Memcached memiliki kelebihan lebih cepat dan mudah dikembangkan, serta sangat efisien dalam  menyelesaikan masalah mengenai cache data besar.

Masukkan pilihan y untuk menginstall dan n untuk tidak menginstall. Lalu tekan ENTER untuk melanjutkan proses instalasi.

Maka proses instalasi akan berjalan. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama. Pastikan koneksi internet Anda tidak lambat. Agar tidak terjadi error saat proses instalasi.

6. Proses Instalasi CyberPanel

Setelah proses instalasi selesai, Anda akan diberikan detail untuk mengakses CyberPanel seperti contoh di bawah ini. Lalu tekan y untuk restart server.

7. Login CyberPanel

Terakhir , untuk memastikan proses instalasi CyberPanel  berhasil, Anda bisa mengakses CyberPanel dengan contoh seperti di bawah ini.

http://IP-Server-Anda:8090 Setelah itu, Anda akan diarahkan pada halaman login CyberPanel seperti  gambar di bawah ini.

16 posts

About author
Nyari kerja
Articles
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Good News

Luar Biasa! Kader PMII Komfast Cabang Ciputat Dapat Dana Pengembangan Start Up dari Google

%d blogger menyukai ini: