Buku

Analisis Gender dan Transformasi Sosial

1 Mins read

Penulis                : Dr. Mansour Fakih
Judul                   : Analisis Gender dan Transformasi Sosial
Penerbit              : Pustaka Pelajar Yogyakarta
Cetakan               : 12, November 2008
Halaman             : 186 halaman

Buku karya Dr. Mansour, merupakan buka yang menjadi salah satu pijakan oleh pejuang-pejuang kesetaraan gender di Indonesia, dimana buku ini memberikan pemaknaan secara umum terkait isu-isu kesetaraan gender dan bagaimana aplikasitifnya dalam kehidupan sosial. Dimana kita ketahui bersama Dr. Mansour merupakan salah satu pejuang feminis awal di Indonesia.

Dalam buku ini  penjelaskan tentang gender terbagi atas  tiga segment. Pada segment pertama Dr. Mansour menjelaskan tentang devinisi gender secara umum dan bagaimana jastifikasi yang membenarkan bahwasannya perbedaan genderlah yang menjadikan adanya marginalisasi, subordinasi, kekerasan dan beban kerja kepada ibu rumahtangga atau yang secara umum dilimpahkan kepada perempuan. Dari konsensi penyadaran inilah munculnya gerakan-gerakan Women in Development yang secara fundamental banyak dipengaruhi oleh gerakan developmentalisme.

Pada segment kedua ini, Dr. Mansour memberikan gambaran terkait analisa gender terhadap transformasi perempuan, yang mana halini banyak dipengaruhi oleh aliran sosiologi yang terbagi atas dua hal yaitu aliran fungsional dan aliran konflik. Dua hal ini memberikan dampak gerakan feminis yang berbeda walaupun sebenarnya  autput yang ingin dihasilkan sama.  Dalam segment ini Dr. Mansour menjelaskan juga tentang dominasi maskulinitas dalam arah gerakan feminisme. Menurutnya,  dominasi maskulinitas yang identik dengan penindasan  telah banyak mempengarui gerakan feminis itu sendiri, alhasil gerakan-gerakan yang dihasilkan menjadi maskulin atau ‘menindas’ kaum laki-laki. Ia juga berpendapat bahwasannya gerakan feminisme itu tidak dalam skala pendek melainkan harus menjadi skala jangka Panjang yang dapat mandarah daging baik secara kebiasaan maupun menjadi idiologis.

Pada segment ketiga, Dr. Mansour banyak membicarakan tentang kerangka ataupun konsep  dari kesetaran gender, salah satunya tentang hak buruh. Dimana nantinya tidak akan  adalagi marginalisasi terhadap buruh wanita. Dalam hal ini Dr. Mansour berbicara juga tentang penafsiran agama, dimana harus adanya penafsiran yang kuat pada bagian genderis maupun yang tidak genderis dalam prespektif agama. Dari landasan ini lah Dr. Mansour mewajibkan adanya emansipasi wanita disetiap lini kehidupan sosial.

Terakhir, dalam buku ini banyak sekali aspek-aspek yang memang harus dimiliki oleh pembaca terutama dalam pemahaman gender menurut agama, hal ini sangat berbahaya jikalau ditelan mentah-mentah. Namun dalam aspek penggambaran dalam kehidupan sosial, Dr. Mansour dapat memberikan gambaran secara lugas dan menarik.

16 posts

About author
Nyari kerja
Articles
Related posts
Buku

Pahami Dulu Baru Lawan

1 Mins read
Oleh : Sahabati Ummu Salamah Korupsi menurut asal kata berasal dari bahasa latin, corruptio. Kata ini sendiri punya kata kerja corrumpere yang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

PMII dalam Bingkai Eksakta Nalar Pergerakan Saintis Aktivis dalam Dinamika

3 Mins read
“Totalitas kader eksakta dalam ber-PMII harus diwujudkan dengan membangun dunia pergerakannya sendiri unuk menemukan mandat intelektualitasnya sebagai mahasiswa, mandat religiutasnya sebagai orang… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Buku

Dualisme Kader Eksakta

2 Mins read
Hiruk piruk perjalanan kader eksakta selalu seksi dibincangkan. Walaupun pada akhirnya, tidak ada satupun yang dapat merumuskan solusi terhadap permasalahan kader eksakta… Bagikan ini:TwitterFacebookMenyukai ini:Suka Memuat...
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: